4 Alasan Mengapa Melakukan Investasi Properti

Investasi properti memang sangat digemari oleh banyak kalangan. Padahal, harga properti sebenarnya tidaklah murah. Tentunya ini membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai alasan mengapa investasi properti hampir selalu menjadi primadona di kalangan investor. Ternyata ada banyak alasan yang mendukung popularitas investasi properti.

 

1. Harga properti cenderung selalu mengalami kenaikan

Pertumbuhan penduduk yang tinggi ternyata berbanding terbalik dengan ketersediaan properti hunian. Karena itulah, harga properti cenderung selalu saja mengalami kenaikan. Seiring berjalannya waktu, permintaan terhadap properti akan semakin meningkat. Sedangkan, ketersediaan properti sendiri sangat terbatas. Tak heran, harga properti pun melonjak. Sebagai investor, lonjakan harga menjadi waktu yang tepat untuk melepaskan properti yang telah dimiliki.

2. Dapat disewakan

Jual beli bukan hanya satu-satunya jalan untuk mendapatkan keuntungan di bidang investasi properti. Menyewakan properti dapat juga menjadi pemasukan ekstra bagi para pengusaha bisnis ini. Persewaan pun biasanya dilakukan dalam tempo yang cukup lama. Hasilnya, investor akan mendapatkan keuntungan bulanan maupun tahunan dari investasi propertinya. Sangat disarankan bagi investor untuk meriset terlebih dulu lokasi properti yang akan dibelinya. Misalnya saja, untuk investasi properti Semarang, anda perlu terlebih dahulu melakukan survey daerah mana yang paling dicari oleh calon penyewa properti anda.

3. Harga properti cenderung naik sesuai inflasi

Inflasi cenderung akan selalu mengalami kenaikan. Hal ini memang termasuk sesuatu yang bisa dibilang tidak dapat dihindari. Namun, anda sebagai investor properti tidak perlu terlalu mengkhawatirkan kenaikan inflasi. Pasalnya, harga properti juga akan cenderung melambung mengikuti inflasi yang terjadi. Dengan demikian, investasi dalam bidang properti terbilang aman dari pengurangan nilai akibat inflasi.

4. Kebebasan dalam menentukan harga jual

Berbeda dengan harga emas, harga sebuah properti tidak ditentukan oleh kondisi pasar. Investor tidak perlu melakukan selalu mengawasi harga saham dan emas untuk menentukan harga jual propertinya. Anda punya kebebasan yang mutlak dalam mematok harga untuk properti yang anda miliki. Kendati demikian, jika anda ingin properti yang anda jual cepat dilirik oleh calon pembeli, anda perlu menyesuaikannya dengan harga pasaran properti di daerah tersebut. Misal anda membeli sebuah properti apartemen di Tamansari Cendekia, anda bisa saja menentukan harga jualnya dengan bebas. Tapi bila anda ingin properti anda cepat laku terjual, penyesuaian harga pasar tentu saja tak dapat dihindari.